Pengertian Telematika
Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika.
Istilah
Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi
perangkat-perangkat pengolah informasi. Para praktisi menyatakan bahwa
TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai {the new hybrid technology} yang lahir karena perkembangan teknologi digital.
Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan
informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi. Semula Media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, maka dapat disarikan pemahaman tentang telematika
sebagai berikut.
1. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik.
2. Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan
jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon,
musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan
hal tersebut terjadi.
jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon,
musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan
hal tersebut terjadi.
3. Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk
keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).
Telematika Dari Toyota
Salah satu produk tranportasi yang menerapkan layanan telematika adalah
Toyota. Karena menyadari semakin tingginya mobilitas masyarakat,
terutama di wilayah perkotaan, membutuhkan layanan penunjang yang mampu
membantu masyarakat untuk sampai ke tujuannya dalam waktu singkat.
Toyota melihat peluang ini dengan mengembangkan disalah satu produksinya
yang memiliki layanan navigasi yang menyediakan informasi dan peta
lengkap lokasi-lokasi penting, mulai hotel, rumah sakit, hingga dealer.
Saat ini, Toyota telah mencetuskan dua macam sistem teknologi telematika
secara bergerak yang dapat diakses melalui telepon seluler, yaitu
M-Toyota dan Toyota Navigation. Hingga Juni 2008, M-Toyota telah diakses
hingga 180.000 pengunjung setiap bulan. Layanan ini berisi informasi
produk, layanan purna jual, hingga hal-hal yang bersifat emergency.
Selain itu, Toyota juga memiliki layanan navigasi yang menggandeng perusahaan pemetaan Tele Atlas. Informasi dan peta lengkap dengan 13.000 lokasi-lokasi penting, mulai hotel, rumah sakit, hingga dealer Toyota sudah terekam. Saat ini peta tersebut sudah meng-cover wilayah Pulau Jawa dan Bali. Pada September 2008, layanan peta akan menjangkau mencapai Sumatra.
Toyota juga mengembangkan perangkat keras dan Graphics User Interface (GUI) yang didesain secara khusus. Dengan layanan Toyota Genuine Accesories (TGA). Toyota juga mempermudah pengguna Toyota Navigation dengan memberikan update perangkat lunak tanpa dikenai biaya.
Toyota melengkapi layanan telematikanya dengan layanan Mobile Reward Exchange (MORE) yang dirancang dalam mobile platform untuk pengguna telepon seluler. Bagi konsumen yang mengikuti MORE akan mendapat informasi seputar M-Toyota dan info program.
Selain itu, Toyota juga memiliki layanan navigasi yang menggandeng perusahaan pemetaan Tele Atlas. Informasi dan peta lengkap dengan 13.000 lokasi-lokasi penting, mulai hotel, rumah sakit, hingga dealer Toyota sudah terekam. Saat ini peta tersebut sudah meng-cover wilayah Pulau Jawa dan Bali. Pada September 2008, layanan peta akan menjangkau mencapai Sumatra.
Toyota juga mengembangkan perangkat keras dan Graphics User Interface (GUI) yang didesain secara khusus. Dengan layanan Toyota Genuine Accesories (TGA). Toyota juga mempermudah pengguna Toyota Navigation dengan memberikan update perangkat lunak tanpa dikenai biaya.
Toyota melengkapi layanan telematikanya dengan layanan Mobile Reward Exchange (MORE) yang dirancang dalam mobile platform untuk pengguna telepon seluler. Bagi konsumen yang mengikuti MORE akan mendapat informasi seputar M-Toyota dan info program.
Clarion Co., Ltd. (Tatsuhiko IZUMI, Presiden; selanjutnya disebut "Clarion") menciptakan Layanan Telematika Cloud "Smart Access" untuk menciptakan suasana berkendara yang lebih nyaman dan aman bagi para pengemudi. Layanan ini akan diluncurkan pada bulan Juni di Amerika Utara dan Jepang, dan akan diluncurkan dalam skala global secara bertahap. Kami berencana untuk memperkenalkan produk baru yang kompatibel dengan “Smart Access.” Dengan mengembangkan bisnis layanan telematika melalui "Smart Access," sekaligus dengan jajaran produk di dalam kendaraan yang baru yang memberikan konektivitas sebagai nilai tambah, Clarion akan berubah dari "produsen alat informasi di dalam kendaraan" menjadi "penyedia solusi informasi di dalam kendaraan."
Pasar Smartphone global tumbuh dengan pesat dan berpengaruh besar
dalam industri otomotif. Dengan semakin luasnya orang yang menggunakan
koneksi internet dan penggunaan aplikasi secara global, permintaan untuk
menciptakan fitur baru, fungsionalitas dan nilai tambah melalui koneksi
internet di dalam kendaraan terus meningkat dan akan menjadi kebutuhan
global. Dengan membawa visi masa depan untuk pasar global ini, Clarion
akan berupaya meningkatkan bisnis alat informasi di dalam mobil, dan
menyediakan layanan telematika sebagai kontribusi terhadap masyarakat
melalui alat OEM produsen mobil dan produk pelengkap. Ini sangat penting
bagi masa depan Clarion, dan perusahaan akan mengambil langkah awal
untuk "Smart Access," dilakukan upaya pengembangan melalui kerja sama
dengan Hitachi Group.
Fitur Utama:
(1)Berbagai fungsi utama "Smart Access" termasuk konektivitas Smartphone, layanan VRM dan layanaan CRM.
(1)Berbagai fungsi utama "Smart Access" termasuk konektivitas Smartphone, layanan VRM dan layanaan CRM.
Desain "Smart Access" menawarkan berbagai dukungan untuk item yang
penting di masa mendatang, seperti: "Konektivitas Smartphone" sehingga
beragam aplikasi Smartphone dapat digunakan di dalam mobil; "layanan VRM
(Vehicle Relational Management System)" yang memantau mobil melalui
manajemen perawatan dan keselamatan serta informasi sensor; "layanan CRM
(Customer Relational Management System)" yang selalu memberikan
informasi kepada pelanggan demi keamanaan; dan sistem panggilan darurat
"E Call" yang diharapkan akan digunakan secara global di masa mendatang.
Selain itu, fungsi “Smart Access” tidak hanya dirancang sebagai sistem
telematika untuk Clarion saja, namun juga untuk sistem telematika
lainnya untuk produsen mobil.
(2)Penetapan layanan cloud dan beragam konten yang dikembangkan melalui kerja sama dengan banyak mitra.
(2)Penetapan layanan cloud dan beragam konten yang dikembangkan melalui kerja sama dengan banyak mitra.
Melalui "Smart Access," Clarion akan menghubungkan pengguna ke
informasi terbaru dalam waktu nyata dari berbagai sumber, menggunakan
arsitektur dasar “Layanan Telematika Cloud”. Selain itu, untuk
menyediakan aplikasi dalam kendaraan yang optimal dan menarik, akan
dirancang dan dikembangkan konten baru selaras melalui kerja sama dengan
banyak mitra yang merupakan ahli dalam bidang masing-masing.
(3)Menjaga kepercayaan dan keandalan berdasarkan keahlian teknologi, teknologi jaminan kualitas dan keamanan dalam mengembangkan alat informasi di dalam kendaraan.
(3)Menjaga kepercayaan dan keandalan berdasarkan keahlian teknologi, teknologi jaminan kualitas dan keamanan dalam mengembangkan alat informasi di dalam kendaraan.
Clarion akan terus menciptakan sistem koneksi internet yang aman
di dalam kendaraan. Selain itu, karena pengembangan inti akan dilakukan
melalui kerja sama dengan Hitachi Group, kita dapat meningkatkan
kemampuan di dalam Hitachi Group secara kontinu, sehingga dapat
menyediakan layanan yang aman bagi para pelanggan.
(4)Pengembangan yang berkelanjutan dan penetapan “Produk Koneksi Dalam Kendaraan.”
(4)Pengembangan yang berkelanjutan dan penetapan “Produk Koneksi Dalam Kendaraan.”
Dimulai dengan produk pelengkap yang akan mulai dijual pada bulan
Juni 2012, alat di dalam kendaraan yang baru dikembangkan dan segera
hadir seperti sistem navigasi mobil akan dilengkapi dengan antarmuka
koneksi "Smart Access" sebagai nilai tambah untuk produk-produk “Koneksi
Smart Access” dari Clarion. Karena Anda dapat sering memperbarui dan
menambahkan konten aplikasi baru melalui "Smart Access," maka dapat
terus tersedia nilai tambah bagi para pengguna meskipun pasca pembelian.
Selain itu, dalam bisnis OEM, antarmuka akan bersifat sumber-terbuka
(open-source) sehingga produsen mobil tidak hanya dapat memiliki
konektivitas dengan alat di dalam kendaraan yang dibuat oleh produsen
tersebut, namun juga dengan alat di dalam kendaraan dari produsen lain.
Ref:http://nurmarini.wordpress.com/2010/10/22/pengertian-telematika/
http://www.bangwildan.web.id/berita-153-contoh-penerapan-telematika.html
http://naisdoang.blogspot.com/2011/10/layanan-telematika-di-bidang.html
http://www.clarion.com/id/id/newstopics/index_2012/120507_01/index.html#allContentsWrapper
Tidak ada komentar:
Posting Komentar