Kamis, 22 Maret 2012

Contoh Tulisan Ilmiah Populer

Bahaya Kebakaran

  Bahaya kebakaran terjadi apabila tiga unsur menjadi satu. unsur -unsur tersebut adalah zat asam, bahan udah terbakar dan panas. Tanpa oksigen , pembakaran tidak dapat erjadi, tanpa bahan yang mudah terbakar takmungkin terjadi kebakaran, dan tanpa panas juga kebakaran tak akan timbul.
Peristiwa terbakar adalah suatu reaksi yang hebat dari zat yang mudah terbakar dengan zat asa. Reaksi kimia yang terjadi bersifat mengeluarkan panas. Pada beberapa zat, reaksi terseubt mungkin terjadi pada suhu udara biasa. namun pada umumnya reaksi tersebut sangat lambat dan panas yang ditimbulkan hilang ke sekeliling.
Mula-mula jumlah panas yang ditimbulkan adalah kecil dan hanya sedikit lebih banyak lagi dihasilkan. Suhu yang naik di atas titik bakar berakibat terjadinya kebakaran. Agar terjadi nyala api, zat harus memberikan uap atau gas yang dapat terbakar. Jika hal ini tidak terjadi, pembakaran berlangsung tanpa nyala api.
Bahaya – bahaya kebakaran yang umum terjadi adalaha sebagai berikut:
  1. Merokok.
  2. Zat cair yang mudah terbakar.
  3. Nyala api terbuka.
  4. Housekeeping yang buruk
  5. Mesin-mesin yang tak terawat dan menjari panas.
  6. Kabel-kabel listrik.
  7. Kelistrikan statis.
  8. Alat-alat las.
Beberapa industri seperti industri kimia, minyak bumi dan cat sangat rawan dipandang dari sudut kebakaran.

  • Lakukan ini Jika Ada Kebakaran!
    Semua kebakaran mulanya kecil, tetapi dengan kondisi yang tepat, kebakaran dapat meluas tanpa terkendali hanya dalam beberapa menit. Setelah pekerjaan konstruksi berkembang, perlengkapan gedung, sampa...
  • Kebakaran Akibat Instalasi Listrik
    Salah satu sebab kebakaran adalah terbakarnya bangunan yang diakibatkan oleh nyala api yang berasal dari instalasi listrik. Serangkaian faktor-faktor yang berpengaruh adalah: Instalasi tidak memak..

Gangguan Bahan yang Mudah Terbakar

Bahan yang mudah terbakar biasanya bahan kimia.  Bahan kimia tersebut berupa cairan (seperti minyak) dan gas yang menyala, mengeluarkan uap, atau bahkan meledak dalam kondisi yang kelihatannya aman. Lindungi diri anda dari hal-hal mendadak yang tidak terduga. Baca lembaran ini dengan cermat. Periksalah etiket tempat menyimpan barang (container) dan Lembaran Data Keselamatan Bahan (MSDSs) untuk tata cara keselamatan.

Sifat Mudah Terbakar
Gas dan cairan yang mudah terbakar akan menyala apabila mendekati suhu ruangan, apabila berada dekat percikan api, lidah api, atau bahkan listrik statis. Banyak diantaranya cepat menguap. Bahan itu disebut “rentan” Bahan-bahan yang terbakar dapat juga meledak. MSDSs-nya dapat memberitahu anda kapan : cari batas ledakan diatas dan dibawah.
Beberapa bahan kimia begitu mudah meledak sehingga mereka  dengan mudah menyala bila terkena udara. Bahan-bahan ini dinamakan “pyrophoric”(“Pyro” berarti “api”, “phoric” berarti “pembawa”).
Pertahanan Terbaik Anda
Pertahanan terbaik anda melawan bahan yang mudah terbakar adalah mengutamakan keselamatan. Jangan mengambil jalan pintas atau risiko yang tidak perlu disekitar bahan-bahan kimia ini. MSDSs akan memberitahu anda bagaimana menghindarkan kondisi atau bahan kimia lain yang dapat menyebabkannya meledak atau terbakar. Tanyakan pengawas anda jika anda punya pertanyaan-pertanyaan.
9 Cara untuk Tetap Aman
  1. Letakkan bahan-bahan yang mudah terbakar jauh dari api dan percikan api. Jangan merokok, memotong atau melakukan pengelasan disekitarnya.
  2. Letakkan bahan-bahan yang mudah terbakar dan mudah bereaksi berjauhan satu sama lainnya. Bahan yang mudah bereaksi adalah bahan kimia yang sangat mudah meledak, terbakar atau mengeluarkan uap berbahaya.
  3. Ketahuilah lokasi alat pemadam api yang cocok untuk bahan kimia yang anda gunakan. Pemadam api yang salah dapat memperluas kebakaran.
  4. Pakailah Alat Pelindung Diri yang tepat (PPE) untuk bekerja. Pastikan alat tersebut sesuai.
  5. Bekerjalah dalam daerah dengan ventilasi yang baik. Gunakan kipas-kipas angin, tutup kepala dan sistem ventilasi yang tersedia.
  6. Periksalah untuk mengetahui bahwa semua tempat menyimpan barang diberi etiket. Mereka harus dalam kondisi baik. Periksalah tutup-tutup, tabir-tabir, katup-katup, segel-segel dan tempat-tempat menyimpan barang untuk menghindari kebocoran. Ganti atau buanglah tempat-tempat penyimpanan barang dan bagian-bagiannya apabila rusak.
  7. Jangan campur bahan-bahan yang mudah terbakar dengan bahan kimia lainnya kecuali apabila anda telah diperintahkan dan hal itu aman untuk dilakukan.
  8. Gunakan kawat arde dan pengikat untuk mencegah listrik statis yang berbahaya sewaktu anda memindahkan bahan-bahan yang mudah terbakar dari satu tempat ke tempat lainnya.
  9. Berikanlah perhatian khusus  untuk  secara tepat menangani, menyimpan dan membuang bahan-bahan yang mudah terbakar.
Perhatikan dan Lindungi
Setiap bahan yang mudah terbakar bereaksi berbeda-beda terhadap lingkungannya. Perhatikan bahan-bahan kimia ini dan ikuti tata-cara yang aman. Anda harus melindungi diri anda dan yang lain dalam tempat kerja anda dari kebakaran dan ledakan yang tidak diingini.

Referensi:
http://www.artikelk3.com/bahaya-kebakaran.html
http://www.artikelk3.com/gangguna-bahan-yang-mudah-terbakar.html

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar