Jumat, 04 November 2011

Khasiat Dari Tanaman Jahe.

                Jahe biasanya di gunakan sebagai bumbu masakan. Selain di gunakan sebagai bumbu masakan Tanaman Jahe  juga di gunakan sebagai Bahan pengobatan Tradisional .Jahe juga bermanfaat untuk sirkulasi darah. Tumbuhan rimpang ini memiliki khasiat antikoagulan (anti pembekuan darah) yang lebih hebat dari pada bawang putih atau bawang merah. Jahe juga mampu menurunkan kadar kolesterol .
       
                Jahe Merupakan tanaman Rimpangan yang sangat popular di bumi nusantara, karena jahe termasuk salah satu jenis rempah-rempah dan bahan obat .Ciri-ciri rimpang berbentuk jemari yang mengambang di ruas-ruas tangan. Dengan rasa yang dominan pedas karena mengandung senyawa pedas karena mengandung senyawa keton berama zingeron


                Di cina, jahe segar di anggap berbeda dengan jahe kering. Bahkan ada seorang ahli tumbuhan kuno yang mengira jahe berasal dari dua tanaman yang berbeda. Ahli pengobatan sering memakai jahe segar untuk mengusir ‘hawa dingin’ atau ‘ racun’ dan mengurangi rasa mual. Sementara jahe kering di pakai untuk menyembuhkan kekurangan ‘hawa dingin’ pada nyeri lambung , nyeri perut, diare, batuk dan rematik.

                Di india jahe segar juga dimanfaatkan untuk mengobati mual, asma, batuk dan rasa nyeri yang hebat dan mendadak, juga dipakai untuk mengatasi jantung berdebar-debar, gangguan pencernaan, nafsu makan menurun dan rematik bahkan , pada abad ke 19, sari jahe menjadi obat asma dan batuk yang popular di india. Untuk obat batuk, sari jahe di campur jus bawang putih segar dan madu, sedangkan untuk meredakan mual, jahe segar ditambah sedikit madu dan sejumput bulu burung merak bakar. Bubuk jahe segar juga bisa di campur air, kemudian di aduk hingga berbentuk pasta dan dioleskan di pelipis untuk meredakan sakit kepala.

                 Jahe Adalah sebuah tanaman yang memiliki keunggulan bagi kesehatan manusia , jahe juga berguna sebagai obat-obatan . Sebaiknya kita memanfaatkan Keunggulan dari jahe tersebut karena banyak sekali khasiatnya .


                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar